Gerakan Anti Putus Sekolah

Gerakan Anti Putus Sekolah

Kabar Baik, Kemendikbud Rancang Gerakan Anti Putus Sekolah

Angka anak putus sekolah di Indonesia membuat Kemendikbud membuka program pendidikan yaitu gerakan antiputus sekolah bagi pelajar sekolah dasar hingga sekolah menengah atas melalui pemberian beasiswa secara terus-menerus.

Hal ini dilakukan agar anak-anak Indonesia bisa kembali bersekolah tanpa adanya hambatan karena masalah biaya sekolah.

Saat ini, angka putus sekolah di Indonesia masih relatif cukup tinggi sehingga perlu ada gerakan yang didukung oleh seluruh pihak terkait, baik melalui pendekatan program maupun sosial.

Pendekatan program dimaksud adalah dengan memberikan beasiswa bagi anak-anak dari keluarga miskin mulai SD hingga SMP bahkan SMA. Selama ini, anak-anak yang mendapatkan beasiswa di SD masih merasa khawatir kalau melanjutkan ke SMP atau SMA, tidak memiliki jaminan mendapatkan beasiswa kembali.

Menurut data dari berbagai Dinas, dari 80 persen yang lulus SD, hanya sekitar 61 persen yang melanjutkan ke SMP maupun sekolah setingkat lainnya, kemudian dari jumlah tersebut yang sekolah hingga lulus hanya sekitar 48 persen.

Tentu saja hal ini merupakan jumlah yang sangat memprihatinkan, mengingat pendidikan SD sampai SMP merupakan pendidikan dasar yang seharusnya dimiliki oleh seluruh generasi muda Indonesia saat ini.

Di lain jenjang , dari 48 persen tersebut, yang melanjutkan ke SMA tinggal 21 persen dan berhasil lulus hanya sekitar 10 persen, sedangkan yang melanjutkan ke perguruan tinggi hanya sekitar 1,4 persen.

Setiap sekolah harus memiliki data anak didiknya, dan mengawal mereka hingga lulus sekolah dan melanjutkan ke jenjang berikutnya. Bila ada yang tidak melanjutkan, kepala sekolah atau guru wajib mendatangi ke rumahnya dan mengantarkan langsung untuk mendaftar ke sekolah yang diinginkan karena telah ada jaminan beasiswa yang secara otomatis berkesinambungan.

Untuk menekan angka yang memprihatinkan tersebut, perlu gerakan serempak, bukan hanya dilakukan oleh pemerintah kabupaten, provinsi, maupun pemerintah pusat, melainkan juga oleh guru, kepala sekolah, dan pihak sekolah lainnya.

(Dikutip dari berbagai sumber)

Blog ini adalah tempat untuk penyedia berbagai macam tutorial, tips, dan info menarik lainnya. Admin berharap pengunjung dapat lebih mudah mencari apa yang di inginkan dan mendapatkan informasi yang menarik di blog ini.